Senin, 19 Januari 2009

RONDA KAMPUNG.........Yees


Sebagai upaya peningkatan keamanan dan ketertiban kapung, Warga Wonosari indah mengadakan ronda keliling setiap malam. ronda ini wajib bagi setiap kepala keluarga. sebab jika tidak maka yang bersangkutan akan terkena denda sebesar Rp. 3.000 pada saat kumpul arisan kampung setiap awal bulan.
makna ronda keliling sangat banyak, antara lain saling silaturahmu sesama warga khususnya satu grup ronda tersebut. juga upaya mengelilingi kampung dari rumah ke rumah, karena para peronda diwajibkan mengambil jimpitan Rp. 100,- di masing-masing rumah warga. makanya setiap malam, semua rumah warga terkunjungi oleh petugas ronda.
Pelaksanaan ronda dimulai pada pukul 23.00 WIB dan berakhir menjelang ayam berkokok pagi hari. diantara mereka ada yang mengisi dengan bermain catur, bermain gitar, ada pula yang ngobrol ngalor ngidul. pada setiap jamnya, mereka seringkali memukul kentongan, sebagai tanda bahwa jam tersebut kampung ini masih dalam penjagaan. biar maling maling jangan keluar dulu.
dari hasil ronda setiap bulannya cukup banyak, baik dari jimpitan maupun denda ronda. paling sedikit Rp. 200.000,- dan uang ini untuk kas kampung yang dipergunakan sebagai dana operasional seperti perbaikan lampu, perbaikan sarana dan prasarana jalan serta kegiatan sosial lainnya. kalau posisi kas cukup banyak, maka kampung ini tidak banyak menarik iuran lagi kepada warga karena bisa dicukupi dari kas kampung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar